Festival Nan Jombang Tgl3 Juli 2018 “Randai Lareh Simawang”

Setelah melewati setengah tahun terselenggaranya Festival Nan Jombang Tanggal3 (FNJT3) pada tahun ke-6 ini, festival yang diselenggarakan oleh Nan Jombang Dance Company bersama Komunitas Galombang Minangkabau ini kembali hadir pada tanggal 3 Juli 2018 besok untuk memanjakan mata serta hati para pencinta ataupun penikmat seni khususnya seni tradisi.  Festival yang saat ini didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation merupakan sebuah wadah apresiasi terhadap kesenian tradisi dan juga sebagai bentuk ucapan terimakasih Ery Mefri selaku pimpinan Nan Jombang Dance Company terhadap kesenian tradisi yang telah menginspirasi beliau dalam pembuatan setiap karyanya. Pada perhelatan berikutnya FNJT3 akan menghadirkan pertunjukan randai dan tari piring dan akan dibawakan oleh Sanggar Seni Satampang Baniah.

Sanggar yang berasal dari kanagarian Tanjung Barulak, kecamatan Tanjung emas, Kabupaten Tanah Datar ini berdiri pada tahun 2010 dan saat ini dipimpin oleh Evi Narlis serta telah mengikuti beberapa event baik di dalam ataupun di luar Sumatera Barat. Diantaranya tampil di Festival Pagaruyung pada tahun 2015 & 2016, Festival Pesona Budaya Miangkabau pada tahun 2017 serta diundang tampil di aula Pertamina Dumai pada tahun 2017.

Kali ini di FNJT3 mereka akan membawakan cerita randai yang berasal dari nagari Rambatan yang berjudul Lareh Simawang. Seperti yang diungkapkan oleh Febi Eka Kurnia, S.Hum selaku sutradara “kami akan mebawakan cerita randai Lareh Simawang yang merupakan cerita asli dari kabupaten Tanah Datar tepatnya di nagari Rambatan” ungkapnya. Febi juga menjelaskan sedikit tentang cerita yang akan dibawakan, “lareh simawang berniat untuk berpoligami namun tidak mendapatkan izin dari pihak keluarga dan istrinya. Namun dia tetap menjalankan niatnya hingga kabar ini sampai ke telinga istrinya. Kabar ini membuat istrinya gelap mata dan bunuh diri bersama kedua anaknya” jelasnya.

Seperti apakah alur lengkap dari cerita ini?, serta bagaimanakah lareh simawang setelah tahu istrinya dan anak-anaknya meninggal bunuh diri?. Silahkan datang lansung pada kemeriahan FNJT3 dan saksikan lansung cerita lengkapnya pada 3 juli 2018 besok di Ladang Tari Nan Jombang tepatnya ­di belakang perumahan polda, Balai Baru, Padang pada jam 20:00 WIB.